Menilik Beberapa Bahan yang Digunakan untuk Buat Jas Hujan Terbaik

47 views

tips-memilih-ukuran-jas-hujan-yang-ideal-RxCR0KGgEJ

Memasuki musim penghujan ada banyak hal yang harus dipersiapkan termasuk jas hujan. Pada dasarnya di toko online ataupun toko konvensional, terdapat 2 jenis jas hujan terbaikyaitu:

  • Jas hujan model ponco. Jenis jas hujan ini memiliki bentuk seperti jubah dengan bagian depan dan belakang jas hujan yang panjang sehingga bisa digunakan untuk menutupi depan dan belakang Anda.
  • Jas hujan setelan yang terdiri dari atasan dan bawahan. Umumnya jas hujan setelah ini merupakan atasan dan bawahan yang berupa celana, namun kini sudah ada jenis bawahan rok.

Di pasaran termasuk di toko online, jas hujan terbuat dari beragam jenis bahan dan bahan yang dipergunakan tersebut akan mempengaruhi harga dari jas hujan tersebut. Pertama adalah dari plastik. Bahan plastik ini bisa dipergunakan untuk membuat jenis jas hujan yang murah meriah. Bahkan trash bag yang biasanya dipergunakan untuk sebagai pengganti jas hujan kala Anda lupa membawa jas hujan saat ke gunung. Walaupun mudah dan murah untuk ditemukan dan dibeli, namun jenis jas hujan ini tidak bertahan lama dan mudah sobek.

Kedua adalah dari bahan PVC. Jas hujan terbaik dari bahan ini merupakan jenis jas hujan yang paling banyak ditemukan di pasaran dan paling banyak dipergunakan. Jas hujan ini memiliki elastisitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan jas hujan dari plastik disebabkan bahan PVC yang dicampur kembali dengan bahan khusus sehingga jas hujan ini menjadi anti air. Agar bisa lebih lama dipergunakan, Anda bisa merawatnya dengan cara menjemurnya di tempat yang teduh dan hindari sinar matahari langsung karena jas hujan akan jadi mudah sobek dan kaku.

Ketiga adalah terbuat dari parasut. Bahan parasut biasanya dipergunakan untuk membuat baju akan tetapi, bahan yang lemas dan tahan air ini memiliki bobot yang cukup ringan karena hal tersebut, jas hujan yang terbuat dari bahan parasut. Akan tetapi, karena lebih tahan air, lebih awet dan tahan lama dan juga lebih halus menyebabkan jenis jas hujan ini memiliki harga yang lebih mahal.

Keempat adalah bahan karet. Jas hujan yang terbuat dari bahan karet mulai banyak dilirik disebabkan karena ketahanannya yang cukup bagus. Dengan sifat yang elastis, jas hujan ini tidak akan mudah sobek dan di bagian sambungannya, susah untuk dirembesi air sehingga tidak akan masuk ke dalam jas hujan. Akan tetapi, jas hujan ini memiliki kelemahan dan diantaranya adalah panas saat dipergunakan sehingga tidak heran jika jas hujan ini juga dilengkapi dengan ventilasi udara yang berada di bagian punggung dan pinggang dengan design yang tertutup sehingga air hujan tidak bisa masuk ke dalam jas hujan.

Selain keempat jenis bahan tersebut, jas hujan terbaik juga dibuat dari bahan campuran, yaitu:

  • PCV+polyester. Jas hujan yang terbuat dari bahan ini menggunakan bahan PVC di bagian luar untuk penahan air dan polyester di bagian dalam sehingga membuat Anda tetap nyaman saat menggunakan jas hujan tersebut.
  • PVC dan karet yang akan menyebabkan jas hujan tidak hanya tahan air namun juga lebih elastis sehingga cocok untuk Anda yang kerap membawa barang yang cukup berat seperti tas punggung.
  • Polyester oil coating yang terbuat dari bahan polyester yang dilapisi dengan menggunakan bahan yang waterproof yang sejenis bahan karet sehingga bisa tahan air dan beberapa diantaranya juga tahan api.

Leave a reply "Menilik Beberapa Bahan yang Digunakan untuk Buat Jas Hujan Terbaik"