Cara Merawat Baterai Laptop dengan Benar Agar Baterai Awet dan Tahan Lama

131 views

AkhirZaman.Info – Cara Merawat Baterai Laptop dengan Benar Agar Baterai Awet dan Tahan Lama, Cara Merawat Baterai Laptop dengan Benar Agar Baterai Awet dan Tahan Lama

Cara Merawat Baterai Laptop dengan Benar Agar Baterai Awet dan Tahan Lama
Cara Merawat Baterai Laptop – Baterai laptop adalah perangkat yang sering bermasalah pada laptop, sekitar 80% masalah yang terjadi pada laptop adalah baterai yang cepat rusak dan tidka tahan. Masalah ini memang disadari oleh Microsoft namun pihaknya sedang mencari cara membuat baterai yang tahan lama.

Ada sejumlah kiat dan tips yang harus anda ketahui untuk merawat baterai laptop. kalau ini diabaikan maka jangan ragu kalau baterai laptop anda akan cepat suak atau rusak.

Merawat Baterai Laptop dengan Benar

Maka, dalam postingan ini saya mencoba berbagi pengalaman tentang cara merawat baterai laptop dengan benar. Mari ikuti saya 🙂

Cara Merawat Baterai Laptop dengan Benar

  1. Jangan mengosongkan baterai. Kalau anda ingin baterai laptop anda tahan lama dan awet, maka jangan sering biarkan baterai kosong, tetapi ketika baterai sudah mulai sedikit, maka charge segera hingga 100%.
  2. Atur power Baterai. agar baterai laptop tahan lama, maka atur penggunaan baterai sesuai keinginan, kalau anda hanya menggunakan laptop untuk peperluan sedikti, maka cukup atur baterai pada posisi Max Battery, ini akan lebih menghemat pengguna baterai, karena hanya membutuhkan kecepatan prosesor minimal semisal untuk membaca dokumen atau mengecek e-mail saja, untuk kebutuhan yang lebih berat anda bisa mggunakan option high performance.
  3. Menghindari suhu extrem. Baterai laptop sensitif terhadapa suhu extrem, jadi jangan biarkan laptop terlalu panas karena ini bisa merusak baterai. Begitu dengan terik matahari, jangan simpan baterai pada terik matahari, atau pada cuaca yang terlalu dingin. Kalau bekerja dengan laptop dalam waktu yang lama maka gunakan cooling pad untuk mendinginkan bagian bawah laptop. Pastikan laptop tidak diletakkan ditempat yang menghalangi lalunya udara, seperti kasur dll.
  4. Jangan sering melepas baterai. Untuk menjaga ke awetan laptop, sebaiknya tetap menggunakan baterai, jangan sering melapskannya, karena ketika anda melepaskan baterai maka laptop anda berjalan dengan arus listrik langsung dan apabila listrik mati maka bisa saja terjadi masalah dengan laptop, seperti terjadi konsleting (LCD,motherboard,dll) dan mengakibatkan kerusakan laptop.
  5. Hindari terhungi banyak dengan perangkat eksternal. Kalau laptop banyak terkoneksi dengan perangkat keras ini akan cepat menguras daya baterai, seperti terhubungi dengan flash drive, wife, dvd eksternal, hard disk eksternal dll, putuskan hubungan atau koneksi laptop anda dengan perangkat tersebut kalau memang tidk dibutuhkan.
  6. Membersihkan ventilasi laptop. Cara lain yang perlu diperhatikan adalah celah-celah masuk angin di bagian bawah laptop, atau disebut dengan ventilasi, sering-seringlah membersihkan ventilasi laptop agar udara dari dalam bisa keluar dengan tidak tertahan atau tdk leluasa. Kalau ventilasi tidak bersih aka berdebu maka laptop akan cepat panas karena aliran udara terhambat.

Demikianlah beberapa cara merawat baterai laptop dengan benar, semoga menjadi pencerah dan masukan bagi bagi pemula dalam menjaga laptop dengan baik. Ingat! laptop yang dijaga dengan baik maka akan bisa digunakan dalam waktu lebih lama.
Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Cara Merawat Baterai Laptop dengan Benar Agar Baterai Awet dan Tahan Lama, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Cara Merawat Baterai Laptop dengan Benar Agar Baterai Awet dan Tahan Lama berguna untuk anda.

Leave a reply "Cara Merawat Baterai Laptop dengan Benar Agar Baterai Awet dan Tahan Lama"