Cara Membasmi Penyakit Cacingan

152 views

AkhirZaman.Info – Cara Membasmi Penyakit Cacingan, Cara Membasmi Penyakit Cacingan

Cara Membasmi Penyakit Cacingan
Cara Membasmi Penyakit Cacingan – Penyakit cacingan sering terjadi pada anak-anak, karena mereka sering tidak menjaga kesbersihan. Cacing masuk kedalam tubuh manusia dengan leluasanya melalui mulut karena tidak menjaga kebersihan tangan. Maka menjaga kebersihan adalah hal penting dalam menjaga kesehatan. Cacing yang biasanya menyerang pada anak-anak adalah cacing gelang, cacing tambang, cacing pita, cacing kremi, cacing cambuk.

Membasmi Penyakit Cacingan

Cacing-cacing tersebut masuk ke perut atau usus melalui mulut karena tidak menjaga kebersihan. Cacing akan bertelur dalam usus dan kemudian ketika sudah matang akan keluar melalui feses. Walau penyakit cacingan ini tidak tergolong penyakit bahaya, tetapi telur dan larva yang dihasilkan cacing akan menginfeksi dan menyerang organ-organ tubuh manusia yang lainnya yang kemudian menyebabkan penyakit berbahaya. Maka sangat penting bagi kita untuk mengetahui cara membasmi panyakit cacingan ini. Sebelumnya masri kita lihat beberapa macam serangan dan penyakit cacingan.

Macam-Macam Penyakit cacingan

1. Infeksi Cacing Kremi.
Cacing kremi adalah cacing yang berbentuk kecil-kecil seperti benang. cacing jantang ukurannya 3-5 mm, sementara yang betina berukuran 8-13 mm. Cacing ini hidup didalam usus bagian bawah, dan memakan makanan yang ada dalam usus. Semenatar cacing kremi yang betina akan bertempat dibagian paling bawah usus, yaitu dekat dengan anus dan bertelur disana, maka anak-anak yang menderita penyakit ini dia akan merasa gatal di anus karena telur-telur cacing tersebut. Kalau gatal anus ini digaruk, maka telur akan menempel dikuku dan akan masuk ke dalam mulut waktu makan makanan. Cacing kremi ini biasanya diderita oleh anak yang berusia 5-14 tahun.

2. Infeksi cacing gelang
Cacing gelang adalah cacing yang berukuran besar bahkan panjangnya bisa mencapai 20-30 cm. cacing gelang bertempat didalam usus kecil. Penyakit cacing gelang ini disebabkan karena mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi kotoran manusia seperti makan makanan yang telah dihinggapi lalat, atau bisa juga mengkonsumsi sayuran yang terkena telur cacing gelang yang tidak dicuci bersih. Telur cacing gelang ini bisa masuk kelimfa dan paru-paru sehingga menyebabkan radang paru-paru. Sementara cacing gelang yang dewasa bisa bermigrasi ke usus buntu dan menyebabkan radang usus buntu.

3. Infeksi dan penyakit cacing pita
Penyakit cacing pita adalah penyakit yang disebabkan oleh cacing pita yang terjadi karena kita mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi cacing pita, seperti makan daging sapi dan daging babi yang mengandung cacing pita. Cacing pita ini bentuknya tipis menyerupai pita dengan kepala kecil dan memiliki kait pada kepalanya, kait ini adalah untuk menempelkan dirinya pada dinding usus. Cacing pita ada banyak ragamnya, tetapi yang sering dikenal hanya macam cacing pita yaitu cacing pita daging, cacing pita ikan, cacing pita babi.

Gejala cacing pita
Bagi yang menderita penyakit cacing pita maka akan merasakan rasa mual, mulas, perih, dan merakan perut seperti ditusuk-tusuk, tetapi ini akan hilang sesudah makan. Disamping itu nafsu makan hilang, muka pucat, pusing, feses berlendir.

Cara Membasmi Penyakit Cacingan

Berikut langkah-langkah yang perlu anda lakukan dalam memberantas cacing pita.

  1. Jagalah kebersihan diri anda, kebersihan lingkungan, kebersihan makanan
  2. Cuci bersih tangan sebelum makan dan setelah buang air besar.
  3. Gunting kuku kalau sudah agak panjang, hilangkan kebiasaan menggit kuku
  4. Cuci sayuran dengan bersih terutama sayuran yang kotor seperti kankung air.
  5. Kalau memasak daging, maka masaklah dengan benar-benar matang.
  6. Rumah yang sehat harus ada kakusnya, jangan buang air besar (BAB) disembarang tempat
  7. Anak-anak diberi obat cacingan setiap 6 bulan sekali

Demikian cara membasmi penyakit cacingan dengan mudah dan modern. Sekarang kita lihat ramuan apa saja yang bagus untuk mengatasi cacingan dan bagaimana membuat ramuan tradisinoal ini untuk membasmi cacingan.
Membasmi cacingan dengan pinang

  • Ambil 15 gram biji pinang kering yang di tumbuk + 60 gram biji labu kuning yang kering ditumbuk juga + 15 gram kulit delima kering. Semua bahan direbus dengan 600 cc air (dengan api kecil) hingga tersisa 200 cc, disaring, biarkan hingga dingin dan minum airnya. (untuk semua jenis cacing).

Mengobatio cacingan dengan biji wudan

  • Biji wudani disangrai sampai matang, lalu dimakan dengan dikunyah ½ jam sebelum makan. Anak kecil 3-15 biji sehari, dewasa 15-30 biji sehari, dibagi untuk 3 kali makan. Lakukan berturut-turut selama 15 hari. Setelah satu bulan dimakan satu keur lagi. (untuk cacing kremi, cacing tambang, cacing gelang, cacing cambuk).

Mengobati cacingan dengan temu giring

  • Ambil 20 gram temu giring segar + 15 gram temu hitam segar + 2 siung bawang putih, dicuci dan didihaluskan atau diblender dengan menambahkan 100 cc air hangat, disaring, diminum pada pagi hari setengah jam sebelum makan. (untuk cacing kremi dan cacing gelang).

Demikianlah cara mudah mengobati dan membasmi penyakit cacingan yang sering menimpa baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Pesan saya selalu jagalah kebersihan, jangan sepelekan membasuh tangan dengan bersih sebelum makan dan sesudah buang air besar. Ingat! mencegah lebih baik dari mengobati.
Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Cara Membasmi Penyakit Cacingan, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Cara Membasmi Penyakit Cacingan berguna untuk anda.

Leave a reply "Cara Membasmi Penyakit Cacingan"