Bahaya Kekurangan dan Kelebihan Iodium

202 views

AkhirZaman.Info – Bahaya Kekurangan dan Kelebihan Iodium, Bahaya Kekurangan dan Kelebihan Iodium

Bahaya Kekurangan dan Kelebihan Iodium
Iodium ada didalam tubuh dalam jumlah yang sangat sedikit, yaitu sebanyak kurang lebih 0,00004% dari berat badan atau 15-23 mg. Sekirat 75% dari Iodium ini ada didalam kelenjar tiroid, yang digunakan untuk mensintetis hormon tiroksin. Hormon-hormon ini diperlukan untuk pertumbuhan normal, perkembangan fisik dan mental hewan dan manusia.

Bahaya Kekurangan dan Kelebihan Iodium
Iodium

Sumber Iodium

Iodium terdapat dilapisan bawah tanah, sumur  minyak dan gas alam. Air yang berasal dari sumur dalam tersebut dapat merupakan sumber Iodium. Iodium di dalam tanah dan laut terdapat sebagai iodida. Ion iodida dioksidasi oleh sinar matahari menjadi unsur iodium yang mudah menguap.

Akibat Kekurangan Iodium

Ketika seseorang kekurangan Iodium, maka konsentrasi hormon tiroid menurun dan hormon perangsang tiroid/TSH meningkat agar kelenjar tiroid mampu menyerap. bila pembesaran ini menampak dinamakan gondok sederhana.

Bila terdapat secara meluas di suatu daerah dinamakan gondok endemik, gejala kekurangan Iodium adalah malas dan lamban, kelenjartiroid membesar, pada ibu hamil dapat mengganggu  pertumbuhan dan perkembangan janin.

Akibat Kelebihan Iodium

Suplemen Iodium dalam sosis tinggi dapat menyebabkan pembesaran kelenjar tiroid, seperti halnya kekurangan iodium. Dalam keadaan berat hal ini dapat menutup jalan pernafasan sehingga menimbulkan sesak nafas.

Oleh sebab itu konsumsi normal pada Iodium hanya sebanyak 100-150 ug sehari. Demikian info seputar masalah bahaya dan kekurangan Iodium bagi tubuh.

Semoga Bermanfaat!!!
Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Bahaya Kekurangan dan Kelebihan Iodium, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Bahaya Kekurangan dan Kelebihan Iodium berguna untuk anda.

Leave a reply "Bahaya Kekurangan dan Kelebihan Iodium"