9 Cara Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

136 views

AkhirZaman.Info – 9 Cara Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi, 9 Cara Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

9 Cara Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi
9 Cara Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi – Mulut dan gigi adalah hal penting dalam kesehatan, karena apabila mulut dan gigi tidak bersih maka berbagai macam penyakit akan muncul. Mulut dan gigi adalah gerbang kesehatan tubuh, setiap makanan sebelum masuk ke dalam perut terlebih dahulu melewati mulut dan gigi. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak menjaga kesehatan mulut dan gigi. Menurut Alfred D. Wyatt Jr ada beberapa cara menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

9 Cara Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

  1. Jangan takut kedokter gigi. Banyak orang tidak mau ke dokter gigi karena merasa menyeramkan ketika melihat berbagai alat dan perlengkapan diruang dokter. Ini sebenarnya adalah hal yang tidak perlu ditakutkan, kalau anda mengalami hal ini sebaiknya anda tetap bernafas (jangan menahan nafas), dengan demikian anda tetap bisa mengatur darah anda lancar, dan merasa malu untuk mengatakan bahwa dalam keadaan tegang pada dokter, agar dokter memabntu anda untuk menjadi lebih nyaman.
  2. Melakukan Flossing sebelum menyikat gigi. Sebaiknya anda tidak perlu langsung menyikat gigi, tetapi Flossing-lah terlebih dahulu. Flossing adalah upaya menghilangkan sisa makanan yang terjebak disela-sela gigi dengan menggunakan benang gigi. Dengan melakukan flossing, ini akan membantu anda untuk menggosokkan gigi lebih efektif. Menggosok gigi, pastikan anda meletakkan sikat gigi pada sudut 45 derajat diatas gusi.
  3. Menggunakan Tusuk Gigi. Penggunaan tusuk gigi dengan tusuk yang kasar atau cara penggunaannya yang kasar maka akan membuat gusi anda luka, perlu diingat luka gusi ini bisa menjadi sarang bakteri yang bisa membusukkan gusi dan berefek buruk bagi kesehatan gigi. Jadi, gunakan tusuk gigi dengan lembut, agar kesehatan gusi dan mulut anda tetap terjaga.
  4. Ganti Sikat gigi secara Rutin. Perhatikan keadaan sikat gigi anda, jangan lupa menggantikan sikat gigi anda dalam durasi waktu 3 bulan atau 4 bulan sekali. Penggunaan sikat gigi terlalu lama bisa membuat sikat anda tidak bisa sepenuhnya menjangkau gigi anda dan juga bulu-bulu sikat bisa menjadi tempat tersangkutnya bakteri. Kalau anda menggunakan sikat gigi elektrik maka perhatikan petunjuk yang ada pada buku panduan.
  5. Mengkonsumsi Keju. Keju adalah makanan yang bagus untuk kesehatan gigi, karena mengandung banyak protein yang bermanfaat untuk menjaga email gigi. Disamping itu, keju mengandung kalsium yang bermanfaat untuk menjaga kekuatan gigi. dan jangan lupa mengkonsumsi vitamin D juga karena vitamin D ini akan memudahkan penyerapan kalsium. Untuk mendapatkan vitamin D konsumsikan produk seperti susu, ikan dan telur.
  6. Membersihkan gigi dengan baking soda. Kalau anda sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang meninggalkan plak pada gigi seperti kopi, teh dan lain-lain, maka bersihkan gigi anda dengan baking soda dua bulan sekali. Kalau baking soda membuat anda iritasi maka gunakan odol yang mengandung baking soda. Penggunaan baking soda ini digunakan layaknya menggunakan pasta gigi lain.
  7. Atur Kadar Asam Dalam Mulut. Beberapa makanan diketahui meninggalkan keasaman yang tinggi gigi sehingga ini mempengaruhi kesehatan gigi anda. Makanan ini adalah cokelat, alkohol, soda, kopi, teh, bawang merah, bawang putih, produk susu, tomat, jeruk, mint, serta makanan pedas dan berlemak.
  8. Menyikat Lidah. Jangan lupa menyikat lidah setiap kali menyikat gigi, lidah termasuk salah satu tempat hidup bakteri, sehingga lidah yang kotor juga bisa membuat nafas bau. Gunakan scrub atau sekrop lidah atau bisa juga menggunakan sikat gigi anda dalam membersihkan lidah.
  9. Makan makan tertentu. Beberapa makanan bisa memutihkan gigi dan sebagiannya lagi bisa membuat gigi bernoda. Buah strawberry bisa memutihkan gigi seperti halnya juga buah apel. jadi setiap anda mengkonsumsi minuman yang menyebabkan hitam gigi seperti kopi, rokok, maka konsumsilah makanan seperti apel, pir, wortel, atau seledri. Makanan ini bisa memperbanyak air liur yang bermanfaat untuk kesehatan gigi.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  9 Cara Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  9 Cara Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi berguna untuk anda.

Leave a reply "9 Cara Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi"