6 Cara dan Tips Mengatasi Sembelit atau Konstipasi

129 views

AkhirZaman.Info – 6 Cara dan Tips Mengatasi Sembelit atau Konstipasi, 6 Cara dan Tips Mengatasi Sembelit atau Konstipasi

6 Cara dan Tips Mengatasi Sembelit atau Konstipasi
Cara dan Tips Mengatasi Sembelit – Mengkonsumsi makanan yang kurang serat menjadi pendorong bagi susah buang air besar atau sembelit. Masalah semebelit tidak bisa dibiarkan begitu lama karena masalah ini bisa menjadi pemicu bagi keburukan kesehatan selanjutnya. Ketika kotoran atau feses tidak keluar maka tubuh akan terkontaminasi dengan beragam racun dan bisa mengakibatkan bermacam masalah kesehatan.

Masalah sembelit atau susah buang air besar juga berpengaruh pada bau mulut, sakit kepala, insomnia, dan terjadi keasaman dalam lambung jika tidak diatasi dengan serius dan baik.

Cara dan Tips Mengatasi Sembelit

Sebelum kita mengetahui cara mengatasi sembelit, mari kita lihat apa saja faktor yang menyebabkan terjadinya sembelit.

Sembelit terjadi karena tidak sehatnya pola makan, kekurangan cairan dalam tubuh, organ usus yang tidak elastis, sering menunda buang air besar, jarang berolah raga atau aktivitas gerak. Berikut adalah cara-cara untuk mengatasi sembelit.

Cara dan Tips Mengatasi Sembelit

  1. Mengatur Pola Makan. Makan tepat pada waktunya adalah hal yang mesti anda lakukan, telat makan atau tidak teratur makan akan berakibat buruk bagi lambung dan usus anda, sehingga akan menimbulkan masalah sembelit.
  2. Mengkonsumsi Buah dan Sayur. Sembelit disebabkan juga karena kurangnya serat dalam tubuh, maka anda perlu mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak serat dan sayur-sayuran yang banyak serat. Buah yang bagus untuk dikonsumsi seperi buah apel, pir, pisang, jeruk dll. Sementara sayuran adalah utamakan sayuran hiijau seperti bayam, kankung, brokoli dll.
  3. Minum Cukup Air Putih. Air adalah hal sangat penting dalam kehidupan, bahkan tubuh manusia saja terdiri dari unsur air yang banyak dibandingkan dengan zat padat lannya. Minumlah air sekitar 8 gelas sehari atau 2 liter/hari. Ini akan mencegah anda dehidrasi dan tubuh kekurangan air.
  4. Hindari Kolesterol. Untuk mengatasi sembelit sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yan bebas lemak jenuh, hindari makan makanan gorengan, atau makanan lain yang mmengandung banyak lemaknya. Hidari juga makan sampah atau junk food, makanan ini bisa menyebabkan terjadi sembelit juga.
  5. Olah Raga. Olah raga adalah salah satu gaya hidup sehat, dengan berolah raga maka kita bisa meningkatkan kinerja jantung dan aliran darah bisa lebih baik. Olah raga tidak harus berat dan tidak harus lama, anda cukup berolah 20 menit dalam sehari dengan jogging atau dengan senam atau dengan lari-lari kecil, dll.
  6. Hindari Stress. stress tidak hanya menyebabkan sakit fisik seperti sembelit, tetapi juga bisa mengganggu kejiwaan seseorang, hiindari stress maka hidup akan sehat baik jasmani ataupun rohani.

Itulah 6 macam tips mengatasi sembelit untuk mereka yang mengalaminya. Mengatasi sembelit mungkin susah dan agak sulit dibandingkan dengan mencegahnya. Maka cegahlah dengan mengkonsumsi makanan berserat, olahraga teratur dan bergam aktivitas lainnya yang menunjang bagi kesehatan kita.
Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  6 Cara dan Tips Mengatasi Sembelit atau Konstipasi, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  6 Cara dan Tips Mengatasi Sembelit atau Konstipasi berguna untuk anda.

Leave a reply "6 Cara dan Tips Mengatasi Sembelit atau Konstipasi"